Serba-Serbi Bisnis Properti, Apa Saja Keuntungannya ?

Dunia bisnis semakin memiliki perkembangan yang signifikan dalam setiap harinya. Hal tersebut tidak lepas dari adanya peran kemajuan teknologi yang juga semakin berkembang. Akibatnya, kini banyak ditemukan berbagai jenis bisnis dengan peluang cerah dan juga keuntungan yang menjanjikan, salah satunya adalah bisnis properti.

Deskripsi Singkat Bisnis Properti

Bisnis di bidang properti merupakan sebuah kegiatan dalam menembangkan aset yang dimiliki dengan membeli properti untuk kemudian dijual di masa yang akan datang. Bisnis jenis ini dapat dilakukan secara perorangan (skala modal kecil) ataupun bekerja sama dengan kelompok lain dan bisa juga dengan perusahaan (skala modal besar).

Tidak hanya itu, terdapat pula perusahaan properti yang merupakan kelompok usaha dengan modal besar. Biasanya, perusahaan properti memiliki banyak sektor yang menggeluti dunia properti. Di antara sektor yang dinaunginya adalah pengadaan lahan, konsultan, pembangunan dan konstruksi, pengembang, pemilihan properti, dan pemasaran properti.

Jenis-Jenis Bisnis Properti

Special Purpose Property

Jenis properti khusus yang satu ini memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Artinya, target konsumennya pun memiliki spesifikasi khusus, seperti kalangan bisnis yang akan mengembangkan kawasan olahraga, rumah sakit, gedung konser, kolam renang, sumur minyak, pom bensin, dan properti khusus yang lainnya. Anggaran biaya yang harus disediakan pun tentunya dalam jumlah yang banyak.

Industrial property

Seerti namanya, properti ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan suatu industri. Jenis bisnis ini memiliki target konsumen dengan skala yang besar. Properti industri biasanya berurusan dengan pembangunan gudang, pabrik, laboratorium, dan juga pengolahan limbah.

Commercial Real Estate

Commercial real estate adalah kegiatan bisnis berupa properti untuk kepentingan usaha (komersial) dan juga mencari sebuah keuntungan. Bagi Anda yang menggeluti bisnis ini, Anda dapat melakukan jual beli rumah-toko (ruko), kantor, gedung pertemuan, hotel, dan rumah-kantor (rukan). Dengan begitu, konsumen propertinya meliputi kalangan pemerintahan dan juga pengusaha.

Residential real estate

Jenis bisnis yang satu ini berkaitan dengan hunian tempat tinggal. Residential real estate mencakup apartemen, rumah susun, rumah tapak (landed house), perumahan, dan kondominium. Biasanya, konsumen yang berkaitan dengan jenis bisnis ini adalah keluarga atau orang-orang yang sedang mencari hunian tempat tinggal.

Keuntungan Membangun Bisnis Properti

Sama halnya dengan bisnis yang lainnya, bisnis di bidang properti ini tentunya memiliki banyak keuntungan. Simak keuntungan yang bisa Anda dapatkan di bawah ini:

1. Nilai jual yang cenderung naik

Sudah bukan hal yang meragukan jika harga properti semakin hari semakin mengalami kenaikan. Hal tersebut tentu saja menjadi ladang keuntungan bagi pelaku usaha di bidang properti. Dengan begitu, kegiatan bisnis di bidang properti ini semakin banyak dilakukan.

2. Risiko kerugian yang relatif rendah

Keuntungan yang lainnya adalah karena kerugian yang mungkin terjadi di jenis bisnis ini adalah relatif rendah. Bagaimana tidak, adanya harga yang cenderung naik menjadikan properti sebagai instrumen investasi yang serupa dengan komoditas, saham, dan juga valuta asing.

3. Aman dari inflasi

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tetapi tidak ingin mengalami inflasi, maka berbisnis properti adalah solusinya. Hal ini karena properti tidak termasuk ke dalam aset yang berbentuk uang, sehingga terhindar dari inflasi. Meskipun begitu, Anda tetap harus menyediakan biaya perawatan terhadap properti yang dimiliki agar selalu terjaga kualitasnya.

Itulah serba-serbi seputar bisnis properti yang penting untuk diketahui, khususnya bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan bisnis. Dapat dilihat bahwa jenis bisnis ini memiliki banyak keuntungan sehingga tidak menjadi hal yang aneh apabila banyak orang yang berminat pada jenis bidang tersebut.