6 Tips Menciptakan Interior Apartemen Studio Menjadi Lebih Nyaman dan Tertata

Adanya apartemen menjadi salah satu hal yang banyak diminati oleh kaum urban di era yang semakin modern ini. Bukan tanpa alasan, apartemen menjadi tempat hunian yang ideal karena proses mendapatkannya yang mudah dan juga praktis.

Selain itu, ukurannya yang minimalis juga menjadi salah satu daya tarik paling dipertimbangkan bagi para calon penghuninya. Anda dapat memilih ukurannya mulai dari apartemen yang besar hingga apartemen minimalis. Salah satu jenisnya adalah apartemen studio, sehingga penting sekali untuk mengetahui jenis interior apartemen studio.

Apa Itu Apartemen Studio?

Apartemen jenis studio merupakan jenis apartemen yang paling umum ditemukan di Indonesia. Apartemen ini hanya memiliki satu ruangan, tetapi dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Anda dapat memanfaatkan ruangan apartemen tersebut untuk tempat tidur, ruang kerja, dapur, lemari, dan adanya tambahan kamar mandi. Ukurannya tidak lebih dari 30 m2.

Keistimewaan Menghuni Apartemen Studio

Menghuni apartemen jenis ini tentu saja memiliki beragam keistimewaan yang sayang sekali jika dilewatkan, di antaranya adalah:

  • Menghemat anggaran
  • Tidak perlu banyak perabotan
  • Mudah untuk ditata ulang
  • Hunian yang ringan dan praktis
  • Ruangan mudah dibersihkan
  • Membantu Anda jadi lebih produktif

Beberapa keistimewaan tersebut tentunya akan membantu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, selain mempertimbangkan keistimewaan yang dimilikinya, Anda pun perlu memahami cara menciptakan interior apartemen studio yang nyaman untuk dihuni.

Rekomendasi Tips Menata Interior di Apartemen Studio

Penataan interior dinilai mampu memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Hal ini tentu berhubungan erat dengan ruangan terbatas yang terdapat dalam apartemen studio. Simak tips menata apartemen studio ini agar hunian menjadi rapi dan nyaman.

Memilih warna cat yang sesuai

Warna cat memiliki peran yang penting untuk kesesuaian dan kesan luas di dalam apartemen. Anda dapat memilih warna yang terang agar ruangan tampak menjadi lebih luas. Anda juga dapat memadupadankan dua warna pada dinding apartemen untuk mendapatkan kesan dinamis dan lebih hidup. Dengan begitu, menghuni apartemen menjadi lebih nyaman.

Menggunakan rak display tanpa kaki

Memilih rak display tanpa kaki adalah solusi yang tepat untuk membuat ruangan menjadi lebih luas. Tidak hanya itu, dengan rak gantung ini, Anda dapat memastikan ruangan terlihat lebih bersih. Hal ini karena kotoran dan debu yang tidak terlihat dapat dibersihkan dengan mudah.

Area dekat pintu dimanfaatkan sebagai dapur

Siapa bilang Anda tidak bisa menempatkan area dapur di dalam apartemen studio? Hal ini tentu saja bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan area dekat pintu kamar mandi sebagai dapur. Meskipun terkesan minimalis, tetapi area memasak tersebut dapat tetap dimanfaatkan dengan baik dan benar.
Memanfaatkan area dekat bukaan menjadi area lapang

Anda ingin memiliki area lapang di dalam apartemen studio? Jawabannya tentu bisa! Caranya adalah dengan mengosongkan area dekat bukaan, misalnya jendela di salah satu sisinya. Kemudian, Anda dapat meletakkan televisi flat untuk digantungkan di dinding agar tidak memakan banyak tempat.

Melakukan kombinasi antara tiga jenis pencahayaan

Unsur paling penting dalam memberikan kesan sebuah ruangan adalah pencahayaan yang tepat. Untuk itu, jika Anda menginginkan kesan luas pada apartemen studio Anda, maka pintar-pintarlah dalam menentukan pencahayaan di dalamnya. Pilihlah tiga jenis pencahayaan yang berbeda, seperti pencahayaan fokus (standing lamp), pencahayaan terpusat (lampu gantung), dan pencahayaan tambahan (lampu dinding).

Itulah tips menata interior apartemen studio agar terlihat luas, rapi, dan juga nyaman. Dengan begitu, hunian yang nyaman bisa menjadi kenyataan dan tidak lagi dalam impian. Anda bisa mendapatkannya!