5 Interior Rumah Minimalis yang Hemat Budget

Interior rumah minimalis termasuk favorit generasi milenial, terutama di tahun 2021 ini. Berhubung sudah semakin sulit mencari tanah luas, maka kita harus bersiasat dengan ruangan yang ada. Bahkan, hal ini mempengaruhi gaya hidup keluarga muda. Kebanyakan memilih rumah mungil atau apartemen sekalian.
Keuntungannya, desain rumah minimalis tidak memakan banyak biaya. Perawatannya pun tidak sulit. Namun, sebaiknya mulai dari mana agar rumah tidak terasa sesak?

Nah, kita bisa memulai dari lima (5) contoh desain interior rumah minimalis di bawah ini. Siapa tahu, Anda akan terinspirasi mempercantik dan membuat nyaman rumah sendiri dengan inspirasi ini:

1. Ruang penyimpanan strategis dan tetap terlihat keren.

Manfaatkan pojok-pojok ruangan, bagian bawah tempat tidur, hingga perabotan tertentu sebagai ruang penyimpanan strategis. Misalnya: laci di bawah tempat tidur, bangku ottoman yang juga berfungsi sebagai peti, hingga rak tempel di dinding sebagai bagian dari dekorasi. Semua ruang penyimpanan tersebut tidak akan memakan tempat dan tetap terlihat keren.

2. Perabotan lipat dan multifungsi sebagai dekorasi harus ada.

Namanya juga interior rumah minimalis. Perabotan lipat dan multifungsi ibarat benda wajib di rumah. Misalnya: tempat tidur yang bisa dilipat menjadi sofa atau rak buku di dinding yang disusun secara artistik. Meskipun ruangan kecil, masih banyak tempat untuk bergerak berkat perabotan yang bisa dilipat.

3. Pemasangan cermin di lokasi strategis.

Trik cermin juga dapat membantu menciptakan ilusi ruangan luas. Caranya tentu saja dengan meletakkan cermin di lokasi strategis. Misalnya: buka dulu jendela untuk melihat sejauh mana cahaya akan masuk. Lalu, letakkan cermin di tempat bias cahaya dapat tercipta. Maka, ruangan pun akan terlihat (dan terasa) lebih luas dari aslinya.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan lampu LED di dalam rumah. Setelah mengetahui lokasi bias cahaya, barulah letakkan cermin di sana. Semakin besar cermin, maka ilusi ruangan lebih luas akan tercipta.

4. Hindari dekorasi yang terlalu ramai dan tampak ‘sesak’.

Menggunakan warna-warna cerah sebenarnya masih tidak masalah, selama hanya fokus pada dua warna dan tidak bercorak. Bila takut bosan dengan desain monokromatis, tambahkan sedikit percikan warna. Misalnya: satu lukisan berwarna cerah atau pigura cermin dari manik-manik. Bisa juga menempelkan sedikit wallpaper berwarna cerah sebagai aksen pemanis ruangan.

Untuk amannya, jadikan dinding sebagai dasar dekorasi. Dari dinding, Anda bisa menentukan dekorasi interior rumah minimalis secara keseluruhan.

5. Pilih warna dinding netral dan terang untuk pencahayaan maksimal.

Seperti yang sudah diketahui, warna putih adalah warna teraman untuk pencahayaan maksimal. Memang, membersihkannya lumayan sulit, apalagi langsung kelihatan saat kotor. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa putih dapat membuat ruangan sempit terlihat lebih luas daripada sebenarnya. Apalagi bila ada bantuan cahaya alami dari luar.

Namun, putih bukanlah satu-satunya warna andalan dinding untuk pencahayaan maksimal. Anda masih bisa menggunakan warna biru cerah atau kuning terang. Tentu saja, selama warna yang dipilih polos dan tidak ada tambahan corak apa pun. Dekorasi tambahan bisa dipikirkan sesudah memutuskan pilihan warna dinding yang netral.

Keuntungan dari memilih warna netral dan terang untuk dinding adalah tidak perlu sering-sering memakai lampu di dalam ruangan. Anda sekalian berhemat listrik saat siang hari. Cukup andalkan cahaya matahari dan seluruh ruangan tampak terang seketika.

Nah, inilah lima (5) contoh interior rumah minimalis yang hemat budget dan tidak ribet. Anda tidak perlu lagi pusing dengan mengatur letak perabotan agar tidak makan tempat.