Intip 5 Desain Apartemen 1 Kamar dengan Gaya Retro Modern

Tren retro atau jadul kembali diminati di dunia desain interior. Gaya retro ini mengalami perkembangan seiring dengan zaman sehingga peminatnya sering mengombinasikan gaya retro dan modern dalam satu desain interior. Apabila Anda berencana mengubah desain apartemen 1 kamar menjadi gaya retro modern, intip dulu rekomendasi desain interiornya di artikel ini.

1. Gunakan Wallpaper Warna-warni pada Dinding

Konsep jadul dengan sedikit sentuhan modern membuat kesan ruangan menjadi lebih atraktif dan dinamis. Hal ini bisa diaplikasikan pada desain apartemen 1 kamar. Apalagi, dekorasi yang dibutuhkan bisa berasal dari barang-barang jadul, bekas, dan baru. Selain itu, pemilihan warna yang beragam membuat kombinasi jadul dan modern lebih hidup.

Untuk dekorasi ruang tamu, Anda bisa menggunakan wallpaper motif jadul dengan warna cerah dan sedikit pudar. Pasang wallpaper tersebut di satu bagian dinding saja. Tambahkan ornamen hiasan dinding berbahan kayu dan hiasan unik lainnya di ruang tamu.

2. Memanfaatkan Material Kayu di Berbagai Aspek Ruangan

Penggunaan material kayu paling sering digunakan dalam konsep retro modern. Apalagi jika material kayu digunakan di berbagai aspek ruangan, seperti ruang tamu, kamar, hingga dapur.
Penataan untuk desain apartemen 1 kamar bisa dimulai dari lantai kayu hingga di berbagai dinding ruangan. Kombinasi tekstur dinding kayu dan wallpaper yang berwarna-warni membaur sehingga interior ruang tamu memberikan kesan retro modern lebih kuat.

3. Tambahkan Ornamen Unik

Jika Anda bosan dengan desain interior yang minimalis, cobalah beralih ke desain retro modern. Pada prinsipnya, pengubahan dekorasi bisa dimulai dengan menempatkan berbagai ornamen jadul dan bekas.
Untuk ruang tamu, Anda bisa menambahkan sofa berwarna cerah dengan rak buku yang berwarna senada. Tempatkan sofa dan hiasan tersebut membelakangi dinding kayu. Untuk menambahkan kesan retro, pilih lampu gantung hias dengan berbagai warna untuk pencahayaan.

Pendekatan lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menambahkan rak berisi koleksi piringan hitam. Dijamin interior apartemen semakin terlihat unik.

4. Dekorasi Kamar dengan Furnitur Bernuansa Retro Modern

Kamar tidur merupakan kamar paling favorit setiap orang. Kamar menjadi tempat untuk beristirahat dengan nyaman dan tenang. Apabila Anda ingin menerapkan konsep retro modern pada desain kamar, cobalah dengan mulai menambahkan kombinasi warna cerah, seperti merah, biru, hijau dengan warna akromatik hitam dan putih di dinding kamar.

Selain itu, pasang hiasan dinding dengan kutipan inspiratif. Cara ini cukup mudah. Anda bisa membuat sendiri hiasan dinding tersebut. Jangan lupa tambahkan kursi berwarna cerah di dekat hiasan dinding. Permanis tampilan kamar dengan karpet bermotif geometris.

5. Hiasi Dinding Kamar Mandi dengan Corak Tile

Sentuhan gaya retro modern ternyata bisa diaplikasikan pada kamar mandi. Caranya adalah dengan memasang corak tile kecil-kecil pada sebagian dinding. Untuk mempertegas kesan retro modern, pasang cermin berbentuk persegi di dinding dengan corak tile.

Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan kayu dengan aksentuasi logam dan besi pada bagian furnitur kamar mandi, seperti kabinet dinding dan wastafel. Untuk penerangan kamar mandi disarankan menggunakan kombinasi lampu gantung dengan lampu dinding. Selain bersifat fungsional, kedua lampu ini dapat memberikan kesan estetis. Tempatkan lampu gantung di tempat mandi dan lampu dinding di atas kabinet.

Inilah beberapa rekomendasi desain apartemen 1 kamar yang bisa Anda tiru. Semoga pembahasan ini dapat membantu Anda yang sedang kebingungan mencari desain yang cocok untuk apartemen. Selamat mencoba!