Lakukan Tips Ini untuk Membuat Desain Apartemen Minimalis

Hunian terjangkau yang terletak di tengah kota sungguh menggiurkan. Akan tetapi, sepertinya banyak juga yang kurang puas karena luas apartemen tersebut terlalu kecil untuk selera mereka. Untuk kamu yang masih mempertimbangkan untuk membeli apartemen kecil, terdapat cara untuk membuatnya terasa lebih lega.

Adapun salah satu caranya adalah dengan menganut desain apartemen minimalis. Tidak asing bukan? Pada dasarnya, minimalis mementingkan unsur multifungsi dan kesederhanaan dari suatu benda. Hal ini membuat kita benar-benar memikirkan apakah benda tersebut wajib ada atau tidak. Berlandaskan konsep tersebut, berikut adalah tips-nya:

Manfaatkan Semua Sudut Ruangan

Apartemen yang mungil bukan berarti membatasi kreatifitas kita dalam mengatur ruangan. Manfaatkan semua sudut ruangan yang ada untuk menyisakan bagian tengah ruangan yang luas. Kamu bisa menempatkan sofa, dapur ataupun ruang kerja yang disertai dengan rak buku sebagai penyekat.

Konsep Satu Warna atau Senada

Desain apartemen minimalis tidak lepas dari pilihan warna yang senada. Bahkan ada juga yang hanya menggunakan satu warna, yaitu putih untuk membuat kesan yang bersih. Selain itu, menggunakan satu warna ataupun beberapa warna yang senada, akan membuat kesan yang lapang, rapi dan elegan.

Mendata Kebutuhan

Setelah menentukan konsep letak dan warna, saat kamu mendata apa saja yang kamu butuhkan di dalam apartemen tersebut. Contohnya, tempat tidur, lemari, alat-alat dapur, meja kerja dan lain-lain. Urutkanlah sesuai prioritas, sehingga kamu bisa menentukan mana perabot yang kurang penting untuk dimiliki.

Pilih Perabot yang Multifungsi

Tren perabot multifungsi akhir-akhir ini mulai tinggi. Hal ini telah memudahkan kita untuk membelinya karena tersedia di toko offline maupun online. Contohnya adalah dipan atau tempat tidur yang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Selain itu, ada juga sofa yang bisa dijadikan tempat tidur. Terdapat juga rak buku yang sekaligus berfungsi sebagai penyekat ruang.

Pilihlah Tanaman Sebagai Penghias Ruangan

Dengan adanya tanaman hias yang hidup di apartemenmu, tentu akan menambah warna dalam hidup. Tanaman hias kecil dengan pot minimalis adalah paduan yang pas untuk menggantikan pernak-pernik kecil yang terkesan berantakan. Kamu bisa menempatkan tanamanmu dimanapun, seperti di meja tamu atau di dekat jendela.

Atur Pencahayaan Alami

Tak hanya perabotan, pencahayaan juga memiliki peran yang penting dalam dekorasi minimalis. Memanfaatkan cahaya alami yang bisa didapatkan saat siang hari, hal ini akan membuat kesan yang segar. Pada malam hari gunakan hiasan lampu yang sederhana dan tidak memakan banyak ruang, tapi bisa menerangi seluruh ruangan. Contohnya adalah lampu utama di atap, lampu meja kerja dan lampu tidur.

Jagalah Kebersihan Apartemen

Tips selanjutnya adalah menjaga kebersihan apartemen, kenapa demikian? Karena untuk sebuah apartemen tetap minimalis adalah dengan membersihkannya. Lakukan ini setidaknya sekali seminggu atau setiap dua minggu sekali. Selain agar tetap minimalist, hal ini juga bagus untuk menjaga kesehatan dengan tetap aktif bergerak.

Menahan Diri untuk Membeli Barang

Nah, sekarang kamu sudah memiliki apartemen yang minimalis. Tips terakhir adalah menahan diri agar tidak membeli barang-barang yang tidak begitu diperlukan. Belilah barang jika benar-benar perlu atau untuk mengganti barang yang rusak. Selain minimalis, ini juga bisa menghemat pengeluaran.

Itulah 8 tips desain apartemen minimalis yang bisa mulai kamu lakukan. Terapkanlah tips di atas untuk mendapatkan desain minimalis, sekaligus menjaganya agar tetap minimalis. Semoga artikel ini dapat membantu kamu hidup di apartemen dengan nyaman.