Tips Desain Apartemen Korea Selatan yang Menarik

Budaya Korea Selatan yang mendunia tidak hanya datang dari musiknya (K-Pop), tapi juga dari seri-seri dramanya. Dalam drama tersebut tidak sedikit melibatkan sebuah apartemen dalam adegannya. Hal ini tentu membuat para penontonnya penasaran atau bahkan ingin merasakan bagaimana rasanya tinggal dalam apartemen bergaya Korea Selatan.

Dengan berkembangnya internet dan pasar online, bukan tidak mungkin lagi kamu bisa merealisasikan desain apartemen Korea Selatan yang diimpi-impikan. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Manfaatkan Ranjang

Untuk kamu yang memiliki apartemen sempit, ini adalah pilihan desain yang tepat. Kamu bisa memusatkan ruangan pada kasur yang dilengkapi dengan meja multifungsi, hal ini akan sangat menghemat ruangan yang dimiliki. Selain itu, kamu tinggal menaruh perabot minimalis yang mampu berperan sebagai tempat penyimpanan.

Gelar Dudukan Di Tengah Ruangan

Apabila kamu tidak nyaman menggunakan tempat tidur sebagai pusat aktivitas, kamu bisa menggunakan dudukan lantai. Banyak apartemen Korea Selatan yang menganut konsep rendah dan datar, yang berarti bahwa semua perabot serta barang-barang bersentuhan langsung dengan lantai. Orang Korea Selatan juga biasa makan di lantai ditemani meja yang pendek seperti orang-orang pada wilayah Asia lainnya.

Gunakan Sekat Multifungsi

Jika kamu memiliki ruangan yang cukup luas, mungkin kamu akan menyukai desain ini. Untuk menambah privasi pada ruang tidur, tentu pilihannya adalah dengan menggunakan sekat bukan? Daripada menggunakan sekat biasa, kamu bisa menggunakan rak buku atau lemari pakaian. Gunakan sekat yang tidak terlalu tinggi, agar ruang tidurmu tidak terasa sesak.

Desain Mezzanine

Tidak jarang kita lihat dalam drama Korea, sang karakter tinggal di dalam apartemen studio. Salah satu desain yang patut dipertimbangkan adalah dengan membuat mezzanine. Dengan mezzanine kamar tidurmu akan terjaga privasinya karena ada di atas. Para tamu yang masuk tentunya tidak bisa melihat langsung apa yang ada di atas sana bukan?

Ranjang Multifungsi

Untuk kamu yang tidak ingin membangun lantai dua berupa mezzanine, masih ada alternatif lain. Dengan membangun dipan atau tempat tidur yang memiliki ruang, kamu bisa menaruh berbagai macam benda, dari buku hingga pakaian. Ranjang multifungsi ini umumnya memiliki rak dan lemari kecil pada sisi-sisinya, serta kasur yang dapat diangkat. Saat kasur diangkat, akan muncul tempat penyimpanan tambahan.

Lemari Pakaian Terbuka

Tidak suka dengan lemari yang menghabiskan ruangan dan menghalangi jalan? Gunakan konsep lemari terbuka agar terasa lega. Lemari pakaian terbuka ini sangatlah minimalis, bahkan baju-baju yang digantung bisa berfungsi sebagai penghias ruangan. Kekurangan dari lemari terbuka ini adalah kamu harus mencari tempat lain untuk menyimpan bagian baju yang terkesan pribadi.

Pilih Perabot yang Penting

Hal yang satu ini adalah bagian yang penting karena banyak dari kita yang terus menerus membeli barang baru meskipun sebenarnya kita tidak benar-benar membutuhkannya. Jika kamu baru saja memulai pindah ke apartemen kosongan, ada baiknya kamu membuat daftar perabot yang benar-benar dibutuhkan. Setelah itu, lihatlah jika ada perabot yang multifungsi di pasar. Jangan lupa untuk memilih perabot yang memiliki warna senada, disarankan untuk memilih warna coklat kayu alami seperti di dalam drama Korea.

Itulah 7 tips desain apartemen Korea Selatan yang bisa kamu dijadikan patokan. Perabot orang-orang Korea Selatan biasanya terbuat dari kayu dengan warna yang hangat. Jangan lupa juga untuk mengatur pencahayaan untuk siang dan malam hari agar mirip dengan apartemen dalam drama Korea.