Tips Memilih Rumah Kontrakan yang Tepat

Untuk memilih rumah kontrakan yang tepat, pertama-tama Anda perlu menentukan kebutuhan apa yang diinginkan dan berapa rupiah budget Anda. Misalnya, berapa jumlah kamar yang Anda butuhkan (yang pastinya tergantung dari berapa anggota keluarga yang akan menempati rumah kontrakan tersebut), berapa luas ruangan yang diinginkan, dan berapa besar biaya sewa yang dapat Anda tanggung. Setelah itu, Anda bisa melakukan pencarian melalui internet (seperti di website ini) atau mengunjungi agen properti untuk mengetahui pilihan rumah kontrakan yang tersedia.

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut saat memilih opsi rumah kontrakan yang tersedia :

  1. Lokasi rumah kontrakan. Pilihlah rumah kontrakan yang berada di lokasi strategis, yang mudah diakses dan dekat dengan fasilitas umum seperti toko, sekolah, pasar, dan kantor. Ini akan memudahkan Anda dalam kegiatan sehari-hari.
  2. Kondisi rumah kontrakan. Pastikan dulu bahwa rumah kontrakan yang akan Anda sewa telah dalam kondisi baik, terawat, serta aman untuk ditinggali. Periksa kondisi bangunan, instalasi listrik, air, dan fasilitas lainnya. Jika perlu, mintalah bantuan teman, saudara, atau orang yang lebih berpengalaman dalam hal ini untuk membantu Anda memeriksa kondisi rumah.
  3. Harga sewa rumah kontrakan. Bandingkan harga sewa rumah kontrakan yang Anda inginkan dengan harga sewa rumah kontrakan di lokasi yang sama atau serupa. Ini akan membantu Anda untuk menentukan apakah harga sewa yang ditawarkan masuk akal atau terlalu mahal. Jangan tergiur dengan harga sewa yang terlalu murah, karena hal itu bisa jadi merupakan indikasi adanya masalah dengan rumah tersebut.
  4. Fasilitas yang disediakan. Perhatikan fasilitas yang disediakan oleh rumah kontrakan yang akan Anda sewa. Apakah sudah termasuk fasilitas dasar seperti parkir mobil, tempat cuci, dapur, atau fasilitas tambahan seperti kolam renang, gazebo, dan lainnya. Pastikan bahwa fasilitas yang disediakan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Perjanjian sewa rumah kontrakan. Sebelum menandatangani perjanjian sewa rumah kontrakan, pastikan bahwa Anda telah membaca dan memahami isi perjanjian dengan seksama. Perjanjian sewa harus jelas menyatakan jangka waktu sewa, harga sewa, dan hak dan kewajiban kedua belah pihak. Jika ada ketentuan yang tidak sesuai dengan keinginan Anda, sebaiknya Anda mendiskusikan dulu sebelum menandatangani perjanjian. Selain itu, perhatikan juga apakah ada ketentuan mengenai kondisi rumah saat Anda akan menyerahkan kembali, jika ada denda yang dikenakan jika Anda terlambat membayar sewa, uang jaminan sebelum mengontrak, dan lain-lain. Pastikan bahwa semua ketentuan tersebut sesuai dengan kesepakatan dan tidak merugikan salah satu pihak.

Setelah Anda memilih rumah kontrakan yang tepat dan telah menandatangani perjanjian sewa, jangan lupa untuk selalu membayar sewa tepat waktu dan memelihara rumah kontrakan dengan baik agar hubungan dengan pemilik rumah tetap baik. Jika terdapat masalah atau keluhan selama menyewa rumah, segera sampaikan kepada pemilik rumah agar dapat diselesaikan secepatnya.