Memilih Kanopi yang Cocok untuk Eksterior Rumah

Menghabiskan waktu berharga bersama keluarga memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, ada juga waktu dimana anda ingin menghabiskan family time dengan aktivitas di pekarangan rumah. Hanya saja, panas dari sinar matahari kadang membuat aktivitas seperti ini menjadi kurang menyenangkan. Untuk itu, memasang kanopi pada pekarangan depan maupun belakang rumah bisa menjadi solusi yang baik.

Selain sebagai penghalau panas, kanopi di pekarangan juga bisa memberikan hiasan tersendiri bagi eksterior rumah. Pemilihan kanopi yang cocok dengan gaya rumah akan menambah nilai desain dari rumah tersebut. Untuk pemilihannya pun tidak sulit, asal anda mengerti beberapa hal paling dasar mengenai kanopi teras.

Material Kanopi untuk Eksterior Rumah

Kanopi untuk teras rumah biasanya terbuat dari berbagai pilihan material. Pilihan yang pertama adalah material besi. Besi yang digunakan banyak terbuat dari baja ringan yang memiliki fitur kosong pada bagian dalam tiang besi.

Keuntungan menggunakan material ini adalah harganya yang cukup terjangkau serta daya tahannya yang cukup baik terhadap perubahan cuaca. Selain itu, besi juga cukup mudah untuk didesain sehingga cocok untuk berbagai gaya yang anda inginkan. Material ini juga sangat cocok untuk anda yang memiliki gaya minimalis pada eksterior rumah.

Selain besi, anda juga bisa memilih membuat kanopi dengan material kayu. Material alami ini akan sangat bagus untuk menampilkan kesan elegan dan klasik di pekarangan rumah. Selain itu, material kayu juga cukup mudah dipasang tanpa memerlukan alat-alat khusus. Hanya saja, material kayu biasanya membutuhkan bahan tambahan lain seperti varnish dan lapisan finishing. Bahan-bahan tersebut digunakan untuk menambah usia dari kayu yang anda gunakan agar tidak lapuk dan mudah rusak.

Untuk penampilan kanopi yang lebih mewah, material batu-bata juga bisa digunakan untuk membangun kanopi yang anda inginkan. Tiang-tiang utama dari kanopi yang dibangun dengan material ini juga bisa bertahan lama dan memberikan sentuhan klasik. Hanya saja, kanopi seperti ini akan membutuhkan ruang yang lebih luas.

Sementara untuk atap kanopi teras anda, pemilihan material harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Jika tujuan utama adalah untuk menghalau sinar matahari yang terasa panas, maka material seng dan genteng bisa menjadi pilihan. Sementara itu, jika anda memiliki banyak tanaman pada pekarangan anda, maka menggunakan kaca dan seng transparan akan memungkinkan anda untuk tetap memelihara berbagai tanaman di bawah kanopi.

Pertimbangan Budget untuk Pembuatan Kanopi Teras

Biaya dari pembuatan kanopi akan didasari pada beberapa hal, termasuk luas area yang akan ditutupi oleh kanopi dan juga material yang digunakan. Luas kanopi harus tetap disesuaikan dengan budget yang bisa anda sediakan agar tidak melebihi biaya. Selain itu, perhitungan luas harus mempertimbangkan seberapa banyak lahan yang akan ditutupi, terutama jika anda memiliki banyak tanaman yang membutuhkan sinar matahari di pekarangan.

Pemilihan gaya juga akan berdampak pada tinggi rendahnya biaya yang dibutuhkan. Untuk penggunaan gaya klasik seperti gaya Victoria atau gaya Eropa, maka dekorasi yang dibutuhkan biasanya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan kanopi bergaya minimalis. Sementara itu, beberapa desain kanopi juga memerlukan struktur yang lebih sulit untuk diproduksi, sehingga dapat melambungkan biaya lebih tinggi.

Di samping pengeluaran biaya untuk kanopi, anda juga tentu perlu mempertimbangkan berapa banyak perabotan yang harus anda gunakan untuk area pekarangan anda. Hal ini berfungsi untuk menciptakan area di pekarangan yang nyaman untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga.