Hal-hal Esensial Dalam Mendesain Rumah Menggunakan Gaya Korea

Beberapa tahun belakangan ini, Korea Selatan menjadi sorotan karena berhasil menarik perhatian dunia. Banyak musisi, produk kecantikan dan fashion, hingga gaya hidup orang Korea yang mulai menjadi panutan bagi masyarakat dunia. Begitu juga dengan desain interior rumah. Rumah dengan gaya Korea Selatan sudah banyak ditiru oleh masyarakat dari negara lain, termasuk di Indonesia. Jika anda ingin menggunakan gaya Korea dalam desain interior rumah anda, berikut beberapa hal penting yang menjadi dasar perancangan gaya ini.

Penggunaan Material yang Didominasi oleh Kayu

Layaknya negara Asia Timur lainnya, gaya interior rumah Korea Selatan juga banyak dipengaruhi oleh elemen alam dan lingkungan sekitar. Oleh karena ini, menghadirkan aksen Korea di dalam rumah harus tetap mengedepankan penggunaan kayu. Aplikasi kayu biasanya digunakan untuk lantai, tiang, kusen jendela serta pintu. Selain itu, beberapa hiasan juga bisa menggunakan kayu, seperti kayu yang melintang pada plafon.
Namun, penggunaan kayu yang paling utama adalah pada perabotan yang digunakan. Furniture yang digunakan untuk gaya korea kebanyakan menggunakan kayu sebagai bahan utama, yang kemudian diubah sesuai fungsinya dengan gaya modern dan minimalis. Hasilnya adalah furniture yang terlihat mahal serta memiliki daya tahan yang cukup tinggi.

Konsep Minimalis Menjadi Poin Utama

Seperti yang kami jelaskan di atas, furniture gaya Korea banyak dibuat dengan mengedepankan visual minimalis. Tak hanya furniture sebenarnya, keseluruhan gaya interior Korea Selatan harus dibangun dengan konsep minimalis sebagai dasarnya. Jika anda perhatikan, kebanyakan rumah yang menggunakan gaya ini akan memilih menggunakan furniture yang bersifat multiguna. Sementara itu, item dekorasi yang digunakan dalam suatu ruang juga akan dibatasi.
Aspek lain dari gaya interior Korea Selatan adalah penataan ruangan yang berorientasi pada penyimpanan. Kesan minimalis hanya akan bisa diwujudkan jika barang-barang kecil bisa disimpan sesuai dengan tempatnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan rapi terhadap ruangan. Gaya minimalis ini juga menambak fungsi yang efisien untuk flow ruangan di dalam rumah anda.

Konsep Ruang Terbuka

Penerapan gaya interior Korea juga cocok untuk rumah yang hanya memiliki ruang yang kecil. Ini dikarenakan gaya seperti ini banyak menggunakan konsep ruang terbuka, dimana banyak bagian rumah yang disatukan dalam satu ruangan besar. Misalnya, posisi ruang keluarga yang bersatu dengan ruang makan dan dapur. Ini bertujuan untuk menghemat ruangan yang ada.
Poin penting ketika melakukan hal ini adalah mengutamakan aliran aktivitas dari setiap ruangan tersebut. Penekanan ini dilakukan agar semua anggota keluarga anda masih merasakan kenyamanan ketika berada di dalam rumah.

Dominasi Warna Netral untuk Dinding Interior

Gaya rumah Korea selalu harus membawa ketenangan dan ketentraman. Oleh karena itu, penggunaan warna untuk dinding harus menghindari warna yang cerah dan terang. Warna yang cocok adalah yang netral dan alami, seperti warna putih kulit telur, gading dan juga coklat muda. Warna-warna tersebut juga bisa diaplikasikan untuk perabotan dan item lain yang ada di dalam ruangan rumah anda.
Jadi, ketika anda hendak menggunakan gaya interior rumah Korea Selatan, selalu perhatikan bagaimana anda menciptakan gaya yang tenang dan lega. Gaya seperti ini bisa membuat anda lebih senang menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga tercinta, terutama setelah anda menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk pekerjaan anda. Visual yang unik dan berkelas dari desain ini juga bisa memberikan nilai tambah yang lebih baik pada rumah anda.

29 Mei 2021 3:00 pm

16 total dilihat, 0 hari ini