Cara Renovasi Rumah dengan Budget Terbatas

Memiliki rumah sendiri sudah menjadi impian banyak orang. Selain tidak perlu lagi untuk membayar rutin biaya sewa rumah, pemilik rumah sendiri juga berkesempatan untuk mengubah dan merenovasi rumah impian sesuai dengan gaya yang mereka inginkan. Hanya saja, renovasi rumah biasanya tidak hanya membutuhkan perencanaan yang baik, namun juga biaya yang cukup banyak.

Keterbatasan budget tidak seharusnya menjadi penghalang untuk mengubah rumah menjadi lebih indah dan lebih nyaman. Yang dibutuhkan adalah kreativitas untuk mengakali biaya namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut beberapa trik yang mungkin bisa anda ikuti.

  1. Mengecat dinding dengan warna baru.
    Jika anda tidak ingin mengubah banyak hal dari rumah anda, maka anda bisa memulai dengan memberikan warna baru untuk dinding cat. Warna yang baru akan bisa membuat kesan kesegaran yang baru untuk rumah. Selain itu, dinding cat yang sudah lama tidak dipoles akan terlihat lusuh dan kotor, yang tentunya akan mengurangi nilai keindahan dari rumah anda.
  2. Menggunakan wallpaper dengan pola menarik.
    Jika mengecat lapisan warna baru pada cat terdengar cukup kompleks dan memakan waktu yang lama, anda juga bisa memilih untuk menggunakan wallpaper. Tidak sepertu cat, wallpaper cukup ditempelkan di dinding. Selain itu, penutup dinding jenis ini juga bisa didapatkan dengan berbagai pola dan gambar menarik yang bisa menambah kesan seni yang tinggi untuk dinding baru rumah anda.
  3. Biarkan cahaya matahari masuk ke rumah.
    Di daerah tropis seperti Indonesia, banyak pemilik rumah yang memilih untuk menggunakan jendela berukuran kecil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi cahaya matahari yang masuk pada saat siang hari agar ruangan tidak terlalu panas. Padahal, ukuran jendela yang kecil dapat membuat ruangan terlihat gelap dan pengap. Selain itu, kurangnya cahaya juga membuat hiasan dan dekorasi dalam rumah tidak terlihat maksimal.
  4. Menggunakan perabot bergaya modern.
    Bukan menjadi rahasia lagi bahwa perabot yang berkualitas tinggi dan dibuat dengan gay klasik dan antik memiliki harga yang cukup tinggi. Jika anda ingin memberikan desain yang baru dalam rumah, menggunakan perabot modern akan bisa memangkas biaya yang dikeluarkan. Perabot daya modern juga lebih mudah untuk dicocokkan dengan item dekorasi lain, sehingga anda tidak perlu pusing untuk menyatukan keseluruhan gaya interior yang anda inginkan.
  5. Tambahkan kesan segar dengan membawa tanaman rumah.
    Ada banyak jenis tanaman yang bisa bertahan hidup tanpa harus berada di bawah sinar matahari terus menerus. Tanaman rumah tersebut bisa anda gunakan sebagai item dekorasi baru. Tergantung pada jenis tanamannya, ada banyak dari mereka yang bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau.
  6. Tambahkan material alam.
    Trik ini sangat cocok untuk digunakan pada dapur rumah anda. Menggunakan kabinet yang dibuat dari kayu asli bisa memberikan kesan elit tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Selain itu, banyak juga batu alam dengan harga terjangkau yang bisa digunakan untuk menghias dinding dapur.
  7. Perbaiki layout dekorasi rumah.
    Jika melakukan renovasi besar memakan biaya banyak, anda cukup mengubah layout dan penempatan perabot yang anda gunakan di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan anggota keluarga anda ketika beraktivitas di dalam rumah. Selain itu, anda juga bisa melihat mana saja barang yang anda perlukan dan mana yang tidak. Hal ini tentu bisa berdampak pada suasana rumah yang terlihat lebih lapang dan leluasa.

27 Mei 2021 2:00 pm

17 total dilihat, 0 hari ini