Ide-ide Terbaik Untuk Renovasi Rumah Berukuran Kecil

Walaupun anda mungkin sudah puas dengan memiliki rumah kecil untuk tempat keluarga anda tumbuh bersama, tentu saja masih ada hal-hal yang ingin anda perbaiki dari rumah. Mungkin dapur yang masih terlihat kurang elegan tanpa kabinet yang cocok, atau ruang keluarga yang masih kurang hangat dan nyaman untuk digunakan.

Apapun alasannya, mempercantik rumah memang merupakan sebuah pekerjaan yang tidak ada habisnya. Anda akan selalu ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga anda, terutama untuk menyediakan rumah yang sehat dan nyaman. Jika anda ingin melakukan renovasi terhadap beberapa bagian rumah anda, ada beberapa ide yang mungkin bisa anda lakukan.

  1. Membangun lemari dinding pakaian di kamar tidur.
    Di Indonesia sendiri, penggunaan lemari dinding sebagai penyimpanan pakaian masih jarang digunakan oleh pemilik rumah. Masyarakat disini lebih memilih untuk menggunakan lemari pakaian kayu untuk menyimpan pakaian dan berbagai barang pribadi lainnya. Namun, menambah lemari dinding sebenarnya bisa membuat kamar menjadi lebih luas, karena anda tidak perlu lemari lagi yang tentunya bisa menghemat penggunaan ruangan. Selain itu, penyimpanan pakaian anda akan terlihat lebih rapi dan terorganisir dengan baik.
  2. Merenovasi kabinet di dapur.
    Kabinet yang digunakan di dapur merupakan salah satu penyebab paling utama mengapa dapur rumah anda terlihat berantakan. Ukuran yang salah saat memasang kabinet bisa membuat dapur menjadi lebih sempit dan tidak nyaman untuk digunakan. Selain itu, banyak juga yang menggunakan kabinet dengan warna yang tidak cocok dengan keseluruhan gaya rumah. Renovasi kabinet haruslah mengutamakan ukuran yang tepat serta gaya dan warna yang melengkapi keseluruhan tema yang anda gunakan di rumah.
  3. Menyatukan dapur dengan ruang makan.
    Jika anda hanya memiliki rumah yang berukuran kecil, maka ruang yang anda bisa ubah juga terbatas. Memisahkan ruang makan dengan area dapur hanya akan membuat keduanya menjadi lebih kecil dari yang seharusnya. Memang, menggabungkan keduanya dapat membuat dapur menjadi lebih berantakan. Tetapi, kunci sukses ketika menggabungkan kedua area ini adalah untuk membatasi penggunaan furniture dan item dekorasi di dalamnya.
  4. Menjaga kebersihan kamar mandi.
    Kebersihan kamar mandi bisa jadi merupakan salah satu hal yang paling banyak dibiarkan begitu saja oleh pemilik rumah. Padahal, kebersihan kamar mandi tidak hanya akan membuatnya menjadi lebih nyaman digunakan, tetapi juga akan berefek baik bagi kesehatan keluarga anda. Kamar mandi yang kotor dan berantakan juga bisa merusak gaya yang diaplikasikan di dalam rumah.
  5. Menyederhanakan dekorasi kamar tidur.
    Tentunya, kamar tidur merupakan ruang yang paling penting dari rumah anda. Hanya saja, banyaknya waktu yang kadang dihabiskan di dalam kamar tidur membuat orang-orang terlalu banyak menyimpan barang-barang pribadi di dalamnya. Hasilnya, kamar tidur yang hanya memiliki ruangan yang kecil menjadi lebih sempit. Kelebihan item dekorasi di dalam kamar juga bisa mempersulit proses pembersihan kamar.
  6. Mengubah jenis lampu yang digunakan.
    Jika anda memiliki rumah kecil, renovasi harus ditujukan untuk memberikan kesan luas pada ruangan yang ada. Tanpa perlu renovasi besar, anda sebenarnya bisa memberikan ilusi ruang yang lebih luas dengan mengubah cara anda menerangi setiap kamar. Menggunakan lampu yang menghasilkan cahaya yang hangat dan kuning lembut biasanya bisa menjadi solusi untuk hal ini.

Dari menit ketika anda pertama kali memiliki rumah, proyek untuk merenovasi rumah memang tidak akan ada habisnya. Masih banyak sebenarnya aktivitas lain yang bisa anda lakukan untuk memberikan rumah kecil anda sedikit kesan yang lebih leluasa. Namun, tips-tips di atas tentunya bisa menjadi langkah awal yang bisa anda ambil.

26 Mei 2021 11:42 pm

77 total dilihat, 0 hari ini