Hal-hal Paling Esensial Untuk Urusan Desain Rumah Minimalis

Dengan bertambahnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun, maka lahan yang bisa kita miliki untuk membuat rumah juga semakin mengecil. Ukuran rumah di mana-mana lebih kecil dari sebelumnya. Solusi yang muncul untuk mengatasi masalah ini adalah mendesain rumah dengan tema minimalis. Menerapkan desain minimalis sendiri merupakan seni mendekorasi rumah kecil agar tetap terlihat nyaman dan fungsional. Jika Anda menyukai desain rumah minimalis, berikut beberapa elemen terpenting yang harus anda pahami.

1. Kedepankan fungsi barang-barang di rumah anda
Jelas, rumah kecil tidak akan memberi Anda banyak ruang untuk melakukan dekorasi. Furnitur Anda akan menjadi orang yang mengisi ruang yang akan menciptakan tampilan yang Anda inginkan. Karena itu, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan apa fungsi dari setiap furnitur yang ada di dalam rumah minimalis anda.

2. Utamakan kualitas furnitur.
Desain rumah minimalis hanya dapat menampung furnitur dan barang dekoratif dalam jumlah terbatas. Jadi, Anda harus berpikir keras furnitur dan hiasan mana yang benar-benar anda butuhkan. Selain itu, usahakan untuk membeli furnitur dan barang-barang lain yang dibuat dengan material berkualitas tinggi. Kualitas ini akan memastikan anda dapat menggunakan furniture anda dalam waktu yang lama.

3. Gunakan furnitur multifungsi.
Furnitur yang dapat menawarkan lebih dari satu fungsi penting untuk menghemat ruang dan menjaga tingkat kenyamanan rumah anda dengan baik. Misalnya, Anda bisa mendapatkan sofa yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya untuk ruang tamu minimalis anda. Ide lainnya adalah mendapatkan barang-barang dekoratif yang juga bisa berfungsi ganda sebagai ruang penyimpanan, seperti cermin yang memiliki rak gantung.

4. Rapikan dan singkirkan sampah dari dalam rumah.
Satu hal penting tentang gaya hidup minimalis adalah bertanya pada diri sendiri tentang hal-hal apa saja yang paling anda perlukan. Memiliki banyak barang di dalam rumah memang bisa membuat hidup anda menjadi lebih mudah, tetapi terkadang kebanyakan barang yang kita miliki hanyalah sampah yang tidak memiliki tujuan apa pun. Jaga kebersihan ruang pribadi Anda dengan membuang atau mendonasikan barang-barang tersebut. Hal ini akan menciptakan tempat yang nyaman untuk anda dan keluarga, walaupun hanya dengan jumlah barang yang terbatas.

5. Lakukan desain secara perlahan.
Meskipun mungkin tergoda untuk menjalani gaya hidup minimalis dengan melakukan desain minimalis pada rumah, selalu bijaksana untuk mencobanya di awal. Lakukan dalam langkah-langkah kecil yang tidak akan membuat anda kewalahan. Ini bisa menjadi cara anda untuk belajar menghidupkan suasana di rumah dengan gaya minimalis namun tetap elegan dan indah.

6. Memanfaatkan ruang yang ada untuk penyimpanan.
Rumah minimalis tidak akan memberi anda ruang penyimpanan yang leluasa. Jika tidak bijak dalam menyimpang barang-barang anda, maka rumah minimalis anda akan malah terlihat kumuh dan tidak nyaman. Menggunakan kabinet dan lemari kecil yang diletakkan di sudut merupakan salah satu pilihan yang bisa anda buat. Ini tentu saja bisa memberi nilai tambah bagi desain interior rumah anda.

Memiliki rumah minimalis sebenarnya tidak hanya tentang membangun ruang dimana anda dan keluarga bisa tumbuh bersama. Namun, gaya hidup minimalis juga seharusnya dijalankan dengan lebih menekankan pada kepuasan hidup walaupun hanya memiliki barang-barang yang terbatas. Yang paling penting adalah bagaimana anda menciptakan ruang yang sehat dan nyaman untuk anda dan keluarga anda.