Ide Desain Rumah Minimalis dengan Dapur Bertema Jepang

Desain minimalis belakangan ini semakin menjadi populer dari sebelumnya. Ini terutama karena kesederhanaan dan keindahan desain yang ditawarkan untuk orang-orang yang menginginkan kualitas tersebut di rumah mereka. Namun, gaya minimalis sebenarnya dipengaruhi oleh banyak desain lainnya, dan itulah mengapa kita bisa melihat banyak variasi dalam tampilan visualnya. Dekorasi dapur Jepang menjadi salah satu tema yang biasa digunakan orang saat ingin menciptakan suasana dapur minimalis. Ide dari tema ini cukup luar biasa untuk disimak, dan anda dapat dengan mudah menerapkannya di rumah anda.

Salah satu ide desain yang paling menarik adalah bagaimana desain Jepang mencampurkan material kayu dengan penggunaan warna-warna alam. Jika anda melihat gambar dapur Jepang, sebagian besar dibangun dengan bahan kayu berwarna terang, seperti kayu pinus. Salah satu fitur terbaik dari kayu ini adalah guratan indah yang masih bisa terlihat di sepanjang kayu. Pola ini bagus untuk dipadukan dengan warna bernada alam, seperti coklat, abu-abu, atau hijau tua. Dapur Jepang juga menggunakan banyak balok kayu besar untuk menopang langit-langit, yang memberikan nuansa kualitas bangunan yang lebih kokoh dan lebih aman.

Kedua, dekorasi dapur Jepang biasanya lebih memilih menggunakan pintu layar geser di lemari mereka daripada pintu yang menggunakan engsel. Pintu geser jenis ini biasanya disebut ‘shoji’, dan sangat bagus untuk menghemat ruangan di dapur, terutama dapur yang berukuran kecil. Hanya saja, ‘shoji’ biasanya agak sulit didapatkan di pasaran di dalam negeri.

Selain itu, budaya orang Jepang juga sangat menekankan untuk menghabiskan waktu berharga bersama keluarga dan teman-teman. Itu sebabnya kebanyakan desain rumah minimalis Jepang terlihat menyatu dan terbuka, terutama ruang makan dan ruang tamu. Kombinasi ruangan ini dapat menciptakan suasana keterbukaan tidak hanya untuk dapur, tetapi untuk rumah secara keseluruhan. Selain kebersamaan, tata ruang yang terbuka juga dapat meningkatkan kesehatan dapur secara keseluruhan karena penurunan kelembaban akibat dari aktivitas memasak.

Dekorasi dapur Jepang memberi banyak menitikberatkan pada tema minimalis. Biasanya, peralatan dapur yang lebih kecil lebih menarik untuk digunakan pada jenis gaya ini. Kita yang terbiasa memiliki peralatan dapur yang besar mungkin merasa bahwa peralatan Jepang tidak memadai, tetapi peralatan yang ringkas adalah bagian dari kehidupan sehari-hari orang Jepang.

Dan karena keterbatasan ruang di dapur, ruang penyimpanan tidak banyak seperti halnya di dapur yang dibangun dengan tema lain. Banyak dapur Jepang menggantung peralatan mereka di luar lemari untuk menghemat ruang. Selain kemudahan mendapatkan peralatan, deretan peralatan cantik di dinding dapat berkontribusi pada estetika dapur Jepang yang terlihat lebih indah dan modern.

Untuk penerangan, dapur minimalis yang dibangun dengan tema ini sebaiknya memiliki penerangan sentral dengan lampu terang namun tetap halus. Hindari penggunaan lampu yang putih terang, dan akan lebih bijak jika menggunakan penerangan yang sedikit kekuningan untuk menciptakan efek nyaman pada dapur minimalis anda.

Terakhir, dekorasi dapur minimalis bergaya Jepang lebih mengedepankan ketenangan dan ketentraman. Desain ini lebih memilih fungsionalitas barang-barang yang ada daripada menyesaki dapur dengan barang-barang yang belum tentu digunakan. Ini juga merupakan awal dari filosofi bahwa anda tidak perlu memiliki banyak barang untuk menikmati keindahan hidup. Selain itu, ruang terbuka pada dapur seperti ini juga bisa membuat anda lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta.