Tips Cerdas Untuk Desain Interior Kamar Tidur di Rumah Minimalis

Di era dimana ruangan di dalam rumah semakin kecil dari sebelumnya, menerapkan ide-ide cerdas penting agar tidak merasa sesak saat menghabiskan waktu di rumah. Mendekorasi desain interior kamar tidur berukuran kecil mungkin juga terlihat sederhana pada awalnya, namun sebenarnya ada beberapa tips cerdas yang dapat anda lakukan untuk mempermudah pekerjaan ini.


1. Sederhanakan tata letak kamar tidur.
Ada alasan mengapa banyak orang memilih untuk menempatkan ranjangnya di posisi tengah kamar tidur. Dengan menggunakan trik ini, anda akan dapat membuat aliran pergerakan yang lebih leluasa di dalam kamar. Ini sangat penting untuk menciptakan kenyamanan yang diperlukan di dalam ruangan, terutama jika anda menggunakan kamar tidur bersama pasangan. Sementara itu, ada juga yang memilih untuk hanya menggunakan satu meja nakas daripada menggunakannya di kedua sisi tempat tidur. Mengurangi penggunaan meja nakas mungkin akan mengurangi ruang penyimpanan di kamar tidur, tetapi ini pasti akan memberi anda lebih banyak ruang untuk bergerak.

2. Biarkan cahaya matahari masuk.
Salah satu alasan utama mengapa desain interior minimalis untuk kamar tidur terasa sempit adalah kurangnya cahaya di dalam ruangan. Dapat dimaklumi bahwa anda terkadang tidak dapat menambahkan jendela lain ke sebuah ruangan, tetap anda tetap bisa mencoba untuk menghadirkan cahaya sebanyak mungkin. Pilihlah untuk menggunakan lampu yang mengeluarkan cahaya yang terlihat lembut. Jangan gunakan cahaya yang terlalu terang untuk ruangan kecil karena akan merusak tampilan desain minimalis anda.

3. Utamakan warna yang lebih gelap untuk dinding.
Jika sudah berhasil menghadirkan cahaya yang cukup, sebenarnya anda bisa menggunakan warna-warna gelap seperti abu-abu atau bahkan hitam untuk kamar tidur anda. Banyak orang yang enggan menggunakan warna-warna ini karena menurut mereka akan semakin mengecilkan suasana ruangan. Tetapi selama anda memiliki pencahayaan yang cukup baik di dalam ruangan, tidak ada alasan warna dinding anda mempengaruhi ukuran kamar tidur.

4. Gunakan furnitur multifungsi.
Desain interior kamar tidur minimalis tidak akan lengkap tanpa penggunaan furnitur multifungsi yang cerdas. Misalnya, anda bisa mendapatkan cermin gantung yang memiliki rak kecil di bagian bawah untuk digunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan. Trik ini juga bisa digunakan untuk furniture jenis lainnya. Misalnya, akan lebih baik bagi anda untuk menggunakan tempat duduk yang memiliki ruang penyimpanan di bawah busanya.

5. Cerdaslah dengan ruang ekstra.
Gunakan setiap inci ruang ekstra di kamar anda sebagai penyimpanan. Jika anda memiliki sedikit ruang di bawah tempat tidur, tambahkan beberapa laci kecil yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan tersembunyi. Tetapi, anda tetap harus memperhatikan ukuran dari penyimpanan anda agar desain yang anda ciptakan tetap sesuai dengan gaya minimalis.

Mendesain kamar tidur minimalis memang memiliki tantangan tersendiri. Memiliki ruang kecil untuk kamar tidur anda terkadang juga bisa membuat frustasi. Dan desain interior kamar tidur minimalis tidak akan bisa menggunakan trik yang umum, karena anda harus lebih pintar dalam memilih. Tapi tetap saja, jika anda bisa menata ruang kamar tidur ada, anda tetap bisa memberikan kenyamanan yang layak anda dapatkan. Selain itu, ruang terbatas di kamar tidur anda hanyalah kesempatan lain bagi anda untuk lebih kreatif dalam membuat ruang pribadi yang benar-benar sesuai dengan anda sendiri. Dan keuntungan lain dari memiliki kamar tidur kecil adalah anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkannya.