Memiliki Hunian Nyaman dengan Desain Rumah Minimalis Korea

Desain rumah minimalis Korea saat ini jadi salah satu daya tarik bagi masyarakat Indonesia dalam membangun hunian. Desain yang minimalis membantu Anda dalam membangun rumah dengan lahan terbatas. Di sisi lain, masyarakat Korea mampu menerapkan konsep minimalis tanpa perlu mengorbankan kenyamanan para penghuni rumah.

Contoh Desain Rumah Minimalis Korea yang Unik dan Nyaman

Penasaran bagaimana cara orang-orang dari Negeri Ginseng dalam menerapkan desain rumah minimalis
Korea? Berikut ini adalah beberapa contoh inspirasi yang bisa Anda tiru:

1. Rumah di Hyojadong

Desain pertama adalah rumah di kawasan Hyojadong yang mempunyai 3 lantai. Bangunan ini terlihat sangat mencolok dan unik dengan bagian eksterior berupa batu bata ekspose. Bentuknya pun sangat unik, dilengkapi dengan teras terbuka untuk sarana bersantai.

Berlanjut ke bagian dalam, desain rumah minimalis Korea ini mempunyai interior yang modern. Pencahayaan di dalam ruangan tidak hanya mengandalkan lampu. Namun, keberadaan jendela kaca dengan ukuran besar, memudahkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

2. Rumah Tradisional Hanok

Contoh selanjutnya adalah desain rumah tradisional Hanok. Desain rumah hanok merupakan salah satu wujud adaptasi masyarakat Korea yang berhadapan dengan minimnya lahan. Jadi, Anda dapat membangunnya tanpa memerlukan lahan luas.
Berbeda dengan rumah modern, rumah tradisional hanok sepenuhnya menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu, rumah hanok juga mempunyai keunikan pada atap yang tidak bersandar pada dinding, melainkan struktur bangunan. Dengan begitu, pemilik rumah dapat meninggikan dinding sesuai kebutuhan.

Tips Hunian Nyaman dengan Konsep Minimalis ala Korea

Selain 2 contoh desain rumah minimalis Korea tersebut, Anda bisa pula menemukan inspirasi desain lain. Bahkan, Anda pun bisa mencoba untuk berkreasi sendiri dalam mendesain rumah minimalis bergaya Korea.
Hanya saja, ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menciptakan suasana rumah minimalis ala Korea, yaitu:

1. Gunakan Lahan Secara Maksimal

Pemanfaatan lahan untuk bangunan harus bisa Anda maksimalkan. Hal ini bukan berarti menggunakan seluruh area lahan untuk bangunan. Sediakan pula area untuk taman yang keberadaannya dapat menyegarkan suasana rumah.
Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk membangun rumah secara bertingkat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan ruang lebih banyak meski lahan yang ada sangat terbatas.

2. Dominasi Material Kayu

Orang-orang Korea suka dengan hal-hal yang berbau alami. Oleh karena itu, mereka sering menggunakan material kayu saat membangun rumah. Bahkan, pembuatan rumah tradisional hanok didominasi oleh material kayu.
Kayu membuat rumah terasa lebih sejuk, karena dikenal sebagai bahan insulator alami. Jadi, Anda tidak perlu membeli AC untuk ditempatkan di dalam rumah. Selain itu, keberadaan kayu juga menimbulkan kesan yang unik pada bangunan.

3. Manfaatkan Cahaya Alami

Tips yang terakhir adalah memanfaatkan cahaya matahari sebagai sarana penerangan ruangan. Jangan hanya mengandalkan cahaya lampu. Penggunaan cahaya matahari bisa membuat Anda menghemat pengeluaran untuk biaya listrik bulanan.
Tidak hanya itu, sinar matahari yang masuk ke dalam rumah membuat suasana di dalam ruangan jadi lebih sehat. Pancaran sinar matahari dapat membantu Anda dalam menghilangkan suasana lembap di dalam ruangan. Anda pun jadi lebih giat beraktivitas.

Nah, itulah contoh serta tips desain rumah minimalis Korea yang bisa Anda terapkan. Anda bisa memilih untuk menerapkan desain tersebut mulai dari nol atau melakukan pemugaran dari bangunan yang telah ada.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam bentuk properti atau tanah, ada solusi praktis dari Tanah.com dengan berbagai pilihan harga. Setelah itu, Anda pun bebas untuk memugar atau membangunnya menjadi rumah minimalis ala Korea yang nyaman dan estetis.

Semoga bermanfaat, ya.