7 Tips Desain Rumah Korea yang Nyaman dan Cantik

Budaya Korea tengah booming di tanah air. Banyak hal berbau Korea diadopsi oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya musik, fashion, tetapi juga desain rumah Korea. Apalagi, hunian orang-orang Korea yang digambarkan dalam film, terlihat mampu memberi rasa nyaman bagi para penghuninya.

Mempunyai rumah dengan desain ala Korea di negeri tropis seperti Indonesia bisa saja Anda wujudkan. Anda memang tidak perlu menjiplak konsep secara menyeluruh, cukup mengambil aspek penting dan menyesuaikannya dengan kondisi iklim dan cuaca di tanah air. Untuk itu, ada 7 tips yang bisa Anda praktikkan, yaitu:

1. Konsep Minimalis

Orang Korea terkenal dengan sikapnya yang sederhana. Mereka tidak suka dengan hal-hal yang rumit. Mereka pun menerapkan kesederhanaan itu dalam berbagai aspek. Termasuk di antaranya adalah dalam hal desain rumah Korea. Caranya adalah dengan menggunakan konsep rumah minimalis. Konsep ini pun sesuai dengan harga tanah di Korea yang naik gila-gilaan.

Dalam konsep minimalis, ada 2 aspek penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu perabotan multifungsi dan dekorasi. Pertimbangkan untuk menggunakan perabotan yang dapat difungsikan sebagai sarana penyimpanan. Dengan begitu, rumah bisa tetap rapi meski ukurannya kecil. Sementara itu, penggunaan dekorasi bisa Anda lakukan secukupnya.

2. Desain Rumah Korea dengan Konsep Open Plan

Rumah orang-orang Korea biasanya berukuran tidak terlalu besar. Hal tersebut mengacu pada kondisi geografis negara Korea yang wilayahnya tidak seluas Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat Korea kerap menggunakan ruangan dengan konsep open plan yang difungsikan untuk berbagai kegiatan.
Ruangan dengan konsep open plan dapat memberikan kesan rumah terasa lebih luas. Anda dapat menggabungkan beberapa fungsi ruangan menjadi satu, seperti ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, atau pun dapur.

Meski menggunakan konsep open plan, Anda punya pertimbangan untuk tetap menggunakan partisi. Hanya saja, pakai penyekat ruangan yang tidak menutup ruangan secara penuh. Dengan begitu, ruangan tetap terlihat luas.

3. Furnitur dengan Kaki Pendek

Hal yang perlu Anda ketahui, masyarakat Korea punya kebiasaan dalam melakukan berbagai aktivitas di lantai. Oleh karena itu, Anda perlu mendesain lantai yang nyaman untuk menunjang kenyamanan dalam beraktivitas.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan furnitur dengan kaki pendek. Furnitur tersebut mencakup berbagai perabot yang ada di dalam rumah, termasuk di antaranya adalah tempat tidur, meja, kursi, dan lain sebagainya.

4. Manfaatkan Pencahayaan Alami

Faktor pencahayaan menjadi aspek penting dalam desain rumah ala Korea. Masyarakat Korea sangat suka dengan rumah yang terang. Oleh karena itu, mereka menggunakan jendela sebagai sarana pencahayaan alami di dalam rumah.

Jadi, kalau Anda ingin mempunyai rumah dengan gaya ala Korea, pastikan bahwa bangunan tersebut mempunyai banyak jendela. Selain membuat rumah jadi terang, jendela tersebut juga membuat ruangan terlihat lebih luas. Di samping itu, jendela juga menjadikan sirkulasi udara di dalam rumah jadi lebih baik dan sehat.

5. Pakai Material Alami

Kalau ingin desain rumah Korea yang nyaman dan cantik, utamakan pemakaian material memberikan kesan alami. Kayu adalah pilihan yang utama. Sebagai pertimbangan lain, Anda bisa pula mengombinasikan kayu dengan dinding batu bata.

6. Pilih Kombinasi Warna Natural dan Pastel

Pilihan cat menjadi faktor penting yang tak boleh Anda lewatkan. Kalau ingin desain rumah yang bernuansa Korea, pertimbangkan untuk memilih cat dengan kombinasi warna natural dan pastel.
Kombinasi warna natural dan pastel dapat memunculkan suasana ruangan yang terasa luas dan nyaman. Pilihan warnanya beragam. Anda bisa menggunakan warna putih, beige, ivory, atau cokelat yang kemudian dikombinasikan dengan biru muda, lilac, ataupun pink.

7. Desain Rumah Korea dengan Elemen Alami

Masyarakat Korea suka dengan suasana alami di dalam rumah. Oleh karena itu, mereka kerap menempatkan tanaman di dalam ruangan. Anda bisa menemukan banyak pilihan tanaman yang sesuai untuk ditempatkan di dalam rumah.

Nah, itulah 7 tips penting yang bisa Anda terapkan dalam menciptakan suasana Korea di dalam rumah. Ingin segera mewujudkannya? Tanah.com siap membantu Anda.