Inspirasi Desain Apartemen Korea Minimalis dan Estetis, Yuk Tiru!

Korea saat ini telah menjadi kiblat budaya baru bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak hal berbau Korea selalu dicari. Salah satunya adalah pengetahuan tentang desain apartemen Korea yang nyaman.

Mempunyai tempat tinggal bernuansa Korea jadi salah satu cara dalam mewujudkan kecintaan terhadap budaya negeri ginseng tersebut. Apalagi, saat menonton film atau drama Korea, Anda dapat melihat gambaran suasana desain apartemen Korea minimalis yang nyaman dan estetis.

Tips dan Inspirasi Desain Apartemen Korea

Bagi Anda yang ingin memperoleh kenyamanan seperti apartemen yang kerap muncul di film dan drama Korea, caranya tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkannya dengan memperhatikan 7 tips dan inspirasi desain apartemen Korea sebagai berikut:

1. Hindari Pemakaian Partisi

Apartemen di Kota Seoul serta kota-kota besar di Korea, umumnya berukuran kecil. Meski begitu, masyarakat Korea mampu mengaplikasikan konsep minimalis secara tepat sehingga ruangan yang sempit terasa longgar. Caranya adalah dengan menerapkan sistem open plan.

Sistem open plan dapat Anda terapkan dengan cara menghindari pemakaian partisi. Kalaupun Anda ingin menempatkan sekat, pilih partisi yang berukuran kecil. Dengan begitu, ruangan terasa lebih luas.

2. Pilih Pencahayaan yang Hangat

Pencahayaan di dalam apartemen tidak hanya berguna untuk membuat ruangan jadi terang. Namun, pastikan pula kalau cahaya tersebut mampu menimbulkan suasana ruangan yang hangat. Dengan begitu, ruangan apartemen akan terlihat menarik dan indah saat malam hari.

Untuk mendapatkan kesan ruangan hangat, pilihan yang tepat adalah menggunakan lampu bohlam. Cahaya dengan warna kuning dari lampu bohlam dapat merangsang Anda lebih giat beraktivitas. Selain itu, bohlam juga efektif menciptakan suasana hangat dalam ruangan.

3. Perabotan Multifungsi Adalah Kunci Utama

Karena ukuran ruangan yang tak terlalu besar, Anda tidak bisa menggunakan banyak perabotan. Sebagai gantinya, Anda perlu berpikir secara cerdas dengan memanfaatkan furnitur dengan desain unik dan multifungsi.

Desain apartemen Korea kerap dilengkapi dengan ranjang yang disertai tempat penyimpanan. Selain itu, ada pula pilihan untuk memakai meja makan yang bisa dilipat dan bahkan tempat tidur yang dapat disembunyikan.

4. Tempatkan Ranjang di Samping Jendela

Kalau ingin meniru desain apartemen Korea, tips selanjutnya adalah menempatkan ranjang dekat dengan jendela. Penataan seperti ini membuat Anda bisa menikmati pemandangan di luar bangunan saat bangun tidur. Anda pun dapat menyaksikan panorama kota di malam hari untuk menghilangkan rasa bosan.

5. Mezzanine Adalah Ide yang Menarik

Inspirasi selanjutnya adalah dengan membangun mezzanine atau lantai kedua di dalam ruangan. Keberadaan mezzanine bisa membantu Anda memperoleh ruang tambahan. Anda pun bisa menggunakan lantai kedua tersebut sebagai tempat tidur. Sementara itu, area di bagian bawahnya akan terasa lebih longgar.

6. Gunakan Cat dengan Warna Pastel

Untuk menunjang sistem pencahayaan dan konsep ruangan minimalis, Anda perlu memperhatikan penggunaan warna cat ruangan. Hindari pemilihan warna yang gelap. Sebagai gantinya, tiru cara orang-orang Korea yang biasanya mengandalkan cat dinding dengan corak pastel.

Warna pastel dapat membantu Anda dalam menciptakan ruangan yang lebih cerah. Pilihan warna pastel yang bisa Anda pilih pun sangat beragam. Sebagai tambahan, pertimbangkan pula untuk mengombinasikannya dengan warna natural.

7. Manfaatkan Lantai untuk Beragam Aktivitas

Cara orang Korea dalam beraktivitas di dalam rumah mirip dengan kebiasaan orang Jepang. Mereka punya kecenderungan lebih senang untuk beraktivitas di atas lantai. Oleh karena itu, perabotan yang mereka gunakan umumnya memiliki kaki berukuran pendek.

Selain menggunakan perabotan dengan kaki pendek, Anda juga perlu membuat lantai terasa nyaman. Salah satunya adalah dengan menempatkan karpet yang empuk. Dengan begitu, Anda bisa menjamu para tamu yang tengah berkunjung dengan nyaman dan menyenangkan.

Itulah 7 tips dan inspirasi desain apartemen Korea yang dapat Anda praktikkan. Lewat upaya ini, Anda pun bisa menciptakan suasana apartemen minimalis yang nyaman dan estetis. Semoga bermanfaat, ya.